Mazda 2 Generasi Mendatang Gunakan Platform CX-5?

Dikabarkan, Mazda akan menggunakan platform model CX-5 sebagai basis dari generasi terbaru Mazda2, informasi ini didapat dari sumber Mazda di Inggris. Yang menyebutkan bahwa mobil Mazda2 versi baru ini menggunakan platform yang sama dengan SUV CX-5, namun dengan platform yang lebih pendek.

Seperti dikutip Just Auto, beberapa waktu lalu dengan mengamati kebiasaan produk Mazda yang selalu mengganti model setiap empat tahun. Mazda akan menghentikan penggunaan paltform DE, yang selama ini ini juga dipakai untuk memproduksi Ford Fiesta. Arsitektur terbaru yang akan dipakai adalah arsitektur yang sama untuk memproduksi CX-5 dan bahkan sedan Mazda6.

Perlu diketahui, CX-5 dan Mazda6 adalah mobil pertama dari Mazda yang menggunakan filosofi SKYACTIV pada pembangunan dan konstruksinya, keduanya berbagi berbagai macam komponen mekanis dan telah mendapatkan banyak respon positif. Yang menjadi perdebatan adalah perbedaan Mazda2 dan CX-5/Mazda6, keduanya sangat berbeda. Mazda2 memiliki dimensi yang lebih kecil, baik dalam panjang dan lebar, serta proporsinya Mazda2 adalah sebuah hatchback dengan overhang pendek untuk kebutuhan manuver perkotaan.

Akan ada banyak sekali bagian yang dikurangi, solusi terbaiknya bisa jadi berdiskusi dengan Fiat. Mereka sebelumnya telah bekerja sama dengan mengembangkan Alfa Rome Spider, sama dengan All New Mazda MX-5. Pabrikan asal Italia tersebut telah berhasil membangun generasi terbaru dari Punto.

Sampai sekarang Mazda2 dibuat di Jepang, China, Thailand, dan Vietnam. Kemungkinan terbesarnya pembangunan model baru ini akan diproduksi di Salamanca, Meksiko mulai 2014 mendatang.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here