Toyota Pakai Panel Surya Terbesar di Pabrik Altona

RAJAMOBIL.COM, Altona – Toyota Australia melakukan terobosan dalam hal menyelamatkan lingkungan. Mulai pekan ini pabrik manufaktur Toyota di Altona, Victoria, akan lebih hijau.

Bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Toyota menggunakan panel surya baru sebagai pembangkit listrik untuk mendukung aktivitas manufaktur di pabrik Altona.

Sistem berkapasitas 500kW ini dikerjakan oleh Autonomous Energy, Sydney, dan terpasang 2.000 panel surya buatan perusahaan asal Jepang, Kyocera. Bentangan panel surya itu menutupi atap pabrik hingga seluas 10.000 meter persegi.

Seperti dilansir themotorreport, insinyur Toyota Australia Mario Como menyebut sistem ini adalah bentangan panel surya terbesar di Negara Bagian Victoria untuk penempatan di atap gedung. Selain itu, sistem ini adalah yang pertama di Negeri Kanguru yang terhubung langsung dengan fasilitas industri yang memiliki jaringan listrik voltase tinggi melalui inverter tunggal.

Meski Toyota hanya akan berproduksi hingga akhir 2017 di Australia, namun pabrikan mobil terbesar dunia ini tetap berkomitmen menjalankan sejumlah program baru yang mampu meminimalkan penggunaan energi tak ramah lingkungan.

Autonomous Energy mengatakan, sistem panel surya ini akan menghasilkan energi terbarukan yang cukup untuk membangkitkan listrik yang setara dengan 200 rumah.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here