Toyota Garap Sistem Hubungkan Mobil-Rumah

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Apa bisa? Mungkin itu pertanyaan yang akan mengemuka terkait apakah bisa semua peralatan elektronik rumah tangga dikendalikan dari dalam mobil.

Toyota dan Panasonic memberikan jawaban bahwa hal itu bisa terwujud. Untuk merealisasikannya, kedua perusahaan asal Jepang ini menjalin kerjasama untuk mengembangkan teknologi telematik generasi terbaru.

Panasonic sebagai pionir dalam menawarkan peralatan elektronik rumahtangga pintar, dan Toyota sebagai pabrikan mobil terbesar dunia, sudah sepakat tahun lalu untuk bersama-sama mengembangkan sistem telematik generasi mendatang yang dapat menghubungkan mobil dengan peralatan elektronik rumahtangga.

Program bareng itu akan mulai diimplementasikan tahun ini melalui beberapa layanan baru, termasuk penggunaan aplikasi in-car. Aplikasi ini mampu memberikan informasi kepada pengemudi mobil mengenai status beberapa peralatan rumahtangga dan bahkan bisa mengendalikan berbagai peranti itu dari jarak jauh (dari dalam mobil).

Misalnya ketika menggunakan data GPS, antarmuka (interface) akan memberitahukan kepada pengemudi mobil bahwa ia bisa mematikan penyejuk udara (AC) saat meninggalkan rumah dan menghidupkannya lagi menjelang tiba kembali di rumah. Tak hanya itu, perangkat lainnya juga bisa dikendalikan dari dalam mobil, seperti TV, mesin cuci, lampu, alat masak listrik dan lainnya.

Teknologi ini rencananya akan dipamerkan di booth Toyota selama event Smart Community Japan 2014, yang digelar di Tokyo Big Sight mulai 18 hingga 20 Juni 2014.

Kedua perusahaan ini, seperti dilansir autoevolution, akan melanjutkan kerjasama untuk mengembangkan fitur-fitur mobilitas yang lebih pintar, yang dapat menghubungkan antar-masyarakat dan komunitas, serta menghubungkan rumah dengan mobil melalui layanan berbasis awan (Cloud).

Kalau sudah begini, sepertinya para perampok atau pencuri spesialis rumah kosong akan berpikir dua kali untuk masuk ke dalam rumah yang sudah terkoreksi, karena mereka mengira di rumah ada penghuninya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here