Toyota Australia Recall Lagi

RAJAMOBIL.COM, Canberra – Hampir 20.000 unit Toyota dan Lexus yang di-recall tahun lalu di Australia karena adanya masalah pada airbag, kini di-recall lagi untuk segera menjalani penggantian suku cadang.

Toyota Australia mengatakan program recall kedua kalinya ini melibatkan sekitar 19.600 unit Toyota Corolla dan Avensis Verso serta Lexus SC430 yang diproduksi antara Januari 2001 hingga Mei 2003.

Toyota melakukan recall terhadap sejumlah model tersebut pada April lalu setelah ditemukan masalah, yaitu airbag penumpang depan kemungkinan tak terpasang sempurna. Namun tak banyak konsumen yang memenuhi panggilan bengkel saat itu, sehingga Toyota harus mengulang recall lagi tahun ini.

Dalam surat pemberitahuan recall yang dikirimkan ke konsumen, disebutkan bahwa bila terjadi kecelakaan, inflator atau alat untuk mengembangkan kantung udara, kemungkinan pecah dan dapat menyebabkan airbag penumpang depan mengembang tidak sempurna, sehingga meningkatkan risiko cedera pada penumpang.

Menurut Toyota, seperti dilansir caradvice.com.au, hanya sejumlah kecil kendaraan yang di-recall tahun lalu yang dilakukan penggantian airbag inflator, meski dalam proses perbaikan kali ini seluruh kendaraan yang ditengarai mengalami masalah akan mendapat penggantian inflator.

Dan konsumen yang sudah mendapat penggantian inflator dalam recall tahun lalu, tak perlu lagi membawa kendaraan mereka ke dealer tahun ini.

Airbag inflator akan diganti dengan yang baru secara cuma-cuma dan waktu perbaikannya sekitar 2,5 jam untuk model Toyota dan 5,5 jam untuk Lexus.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here