Dengan Sharp IGZO, Sayonara Display Kotak

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Bentuk layar sistem infotainment yang persegi panjang sudah semacam ‘kewajiban’ dalam kendaraan saat ini, tapi tak lama lagi Sharp akan melakukan terobosan.

Sebagai salah satu produsen display elektronik terbesar dunia, Sharp siap melakukan revolusi terhadap bentuk dan penempatan layar infotainment otomotif. Raksasa elektronik Jepang ini tengah menyiapkan display yang dinamakan IGZO.

Nantinya IGZO akan memiliki bentuk yang lain daripada yang ada saat ini. Tapi mungkin bertanya dalam hati, mengapa display di dalam mobil itu bentuknya selalu persegi?

Penjelasannya sederhana, yaitu karena semua display butuh lebar minimal untuk bezel guna mengakomodasi sirkit drive, yang bernama gate driver. Dengan bentuk persegi, ini akan memudahkan pengaturan dan juga membantu pemetaan permukaan aktif untuk layar sentuh.

Sebenarnya tak ada seorang pun bilang layar display persegi itu jelek, tapi bentuk seperti ini membatasi kegunaannya dalam beberapa aplikasi. Apalagi bentuk dasbor saat ini yang makin dinamis, maka dengan layar kotak di tengah dasbor, akan sedikit membatasi aliran garis desain dasbor.

Untuk itulah Sharp menyiapkan teknologi apa yang disebut sebagai Free-Form Display, yang memuat semua fungsi gate driver melalui piksel di layar, dan dengan bezel yang makin tipis sebagai bonusnya.

Tipe display anyar ini menggunakan teknologi IGZO besutan Sharp, yang berbasiskan semikonduktor transparan crystalline oxide. Setiap piksel pada layar dikendalikan oleh transistor yang berukuran kecil, sehingga ukuran pikselnya juga lebih kecil.

Untuk aplikasi in-car, teknologi baru ini dapat menggunakan panel instrumen tunggal yang dapat menggabungkan berbagai bentuk. Sehingga layar sistem infotainment di tengah dasbor dapat disesuaikan bentuknya dengan desain dasbor dan juga dengan tombol-tombol dan lubang ventilasi (AC). Keren bukan?

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here