Toyota Australia Tuntut Penghapusan Pajak Mobil Mewah

RAJAMOBIL.COM, Canberra – Pajak menjadi komponen yang menyebabkan harga mobil meningkat drastis. Kondisi ini membuat Toyota Australia harus ‘melawan’.

Toyota memutuskan untuk sekali lagi mengajukan tuntutan pajak mobil mewah (Luxury Car Tax), yang baru saja dinaikkan oleh Pemerintah Australia, agar dihapuskan sehingga tidak membebani konsumen.

Toyota terpaksa mengikuti jejak Mercedes-Benz, Porsche, Volvo dan Infiniti dengan menurunkan harga produk sebagai respons atas kenaikan pagu pajak mobil mewah menjadi A$61.884 mulai 1 Juli, atau naik sebesar A$1.568. Pajak ini naik mulai dari 25%-33% pada 2008.

Akibat tingginya pajak, sejumlah pabrikan terpaksa memangkas harga agar tetap berada di bawah pagu harga yang tak terkena kenaikan pajak. Sementara beberapa pabrikan terpaksa menaikkan spesifikasi standar untuk meningkatkan nilai kendaraan sebagai imbas dari tingginya harga akibat pajak.

Untuk Toyota, raksasa otomotif Jepang ini telah menurunkan harga 19 model hingga sebesar A$470, termasuk Land Cruiser 200, Land Cruiser Prado, Kluger dan Tarago.

Bos penjualan Toyota Australia, Tony Cramb, seperti dikutip themotorreport.com.au, mengatakan pajak ini harus dihapuskan, terutama karena tidak sama penerapannya terhadap barang-barang lain, seperti barang antik, yacht, motor boat dan perhiasan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?