Penelitian: Mobil Bekas Murah Rentan Penipuan

RAJAMOBIL.COM Washington D.C – Penelitian iSeeCars menunjukkan, mobil murah lebih rentan karena penipuan oleh para penjualnya. Hasil analisis ini didapat setelah melakukan penelitian pada 50 juta mobil di Amerika Serikat.

Autoevolution melansir, analisis itu dilakukan dari Januari 2012 hingga Mei 2014. Dari 50 juta mobil yang di analisis tersebut, hasilnya mobil yang dibandrol dengan harga Rp118 juta, sekitar 50% merupakan hasil penipuan oleh para penjualnya. Penipuan itu dilakukan dengan cara menyulam beberapa bagian mobil yang dianggap rusak agar terlihat seperti baru.

Analis menyatakan, hal ini karena banyak orang tertarik membeli mobil bekas murah karena beberapa hal. iSeeCars melanjutkan, penipuan sering dilakukan oleh sejumlah diler kecil. Mobil yang berusia di atas 10 tahun hampir semuanya penipuan dengan menginstal ulang speedometer.

“Mungkin diler berpikir bahwa mereka cenderung dapat menupu orang-orang yang mencari kendaraan dengan harga rendah. Kami juga telah menemukan contoh iklan mobil yang kurang seperti nilai pasar,” ucap CEO iSeeCars, Mr Phong Ly.

Phong Ly menjelaskan, harapan diler memasang iklan yang menarik tersebut ialah guna menarik minat pembeli potensial kepada diler. “Dengan hal ini, mereka dapat menjual mobil yang berbeda atau mobil yang sama namun biayanya lebih mahal,” lanjut Ly.

Menurutnya, agar terhindar dari penipuan seperti ini, ada baiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai mobil yang akan beli. Selain itu, jangan takut memberi pertanyaan mendetail mengenai sejarah mobil dari pemilik sebelumnya.

Selanjutnya, periksalah bagian oli, speedometer agar anda lebih yakin terhadap mobil yang dibeli.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here