Duo Toyota Terpopuler di Jepang, Model Apa?

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Jepang yang menjadi rumah bagi banyak pabrikan mobil global sekaligus menjadi salah pasar otomotif terbesar dunia. Lalu mobil apa yang paling populer di negeri ini?

Berdasarkan data penjualan Juli yang baru saja dirilis dan dikutip oleh autoevolution.com, terjadi perubahan di papan atas mobil terpopuler di Jepang.

Dari data tersebut tampil nama Toyota Aqua sebagai yang terpopuler dengan mencatat penjualan sebanyak 23.900 unit, lebih banyak sekitar 6.000 unit dibandingkan Toyota Prius yang menempati posisi kedua.

Hasil ini ironis jika dibandingkan dengan pasar Amerika, karena Aqua justru masuk dalam keluarga Prius. Namun demikian, hatchback bermesin hybrid yang berbasiskan Yaris ini tetap saja laku. Bahkan penjualannya di Jepang mengalahkan Honda Fit (Jazz) model terbaru.

Sejak diluncurkan pada November 2014, Fit menempati posisi teratas selama beberapa bulan. Namun pada Juli, Fit hanya terjual sebanyak 16.636 unit di pasar Jepang. Penurunan penjualan ini ditengarai dipicu oleh kasus recall karena ada masalah pada girboks.

Tidak seperti Fit, Aqua hanya tersedia dalam satu pilihan mesin dan girboks, yakni mesin bensin 1.5-liter + electric motor yang menghasilkan tenaga 100 PS dan dipadukan dengan transmisi CVT.

Dalam hal penjualan di Jepang, seperti biasanya Toyota menguasai daftar 10 mobil terlaris dengan menempatkan enam model di papan atas, yaitu Aqua, Prius, Voxy, Vitz, Corolla dan Noah.

Sedangkan untuk pasar kei car atau mobil mungil, Daihatsu Tanto adalah rajanya, dengan mengemas penjualan sebanyak 17.055 unit, atau meningkat 150% dari Juli 2013. Posisi kedua ditempati Nissan Dayz, Honda N-BOX dan Suzuki Hustler, yang masing-masing terjual sekitar 14.000 unit.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here