Sudah Saatnya Toyota Prius Berbenah

RAJAMOBIL.COM, San Francisco – Masih memegang catatan sebagai salah satu mobil terlaris di Amerika Serikat, namun laju Toyota Prius mulai terhambat. Derita ini diprediksi akan terus dialami hingga akhir 2014.

Selama Agustus, mobil hybrid terlaris di dunia ini mengalami penurunan penjualan cukup signifikan, yakni 14,3% menjadi 23.474 unit. Sedangkan selama periode delapan bulan pertama 2014 merosot 11,5% menjadi 151.213 unit. Meski penjualannya terus merosot, Prius masih berada di posisi 20 besar mobil terlaris AS.

Diluncurkan pertama kali pada 1997, Prius telah terjual sekitar empat juta unit di seluruh dunia. Model ini mengalami beberapa kali perubahan dan penambahan varian, salah satunya plug-in hybrid. Toyota melakukan itu semua untuk mempertahankan popularitas Prius sebagai pionir mobilhybrid di dunia.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah model laris dari para rival juga memiliki varianhybrid. Bahkan Toyota memiliki versi hybrid untuk hampir semua modelnya, termasuk Camry, yang menjadi mobil terlaris di AS. Keputusan untuk meluncurkan varian hybrid dari berbagai model terlarisnya, menurut sejumlah analis, seperti dikutip Bloomberg, bagaikan pagar makan tanaman.

Pasalnya, sejumlah model hybrid ‘sekandung’ itu lambat laun menggerogoti penjualan Prius. Apalagi dengan makin beragamnya model hybrid yang ditawarkan Toyota untuk setiap segmen, berarti konsumen memiliki akses cukup luas untuk memboyong kendaraan hybrid sesuai kebutuhan mereka, baik dari sisi ukuran, konfigurasi, dan harga.

Belum lagi agresifnya para rival meluncurkan varian hybrid untuk model-model andalan mereka, seperti Ford Motor Co. yang memiliki varian hybrid dan listrik untuk Fusion, Focus, dan C-Max. Fusion dan Focus termasuk dalam daftar 20 mobil terlaris AS. Honda Motor Co. Ltd. juga punya varian hybrid atau listrik untuk Accord, Civic, dan CR-Z. ketiga model ini juga masuk dalam 20 mobil terlaris AS.

Jadi, sudah saatnya bagi Toyota untuk segera melakukan perubahan pada Prius untuk menahan penjualannya agar tidak terus merosot.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?