Toyota Rilis Pikap Mungil Bernama Pixis

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Toyota meluncurkan pikap kecil bernama Pixis. Model ini memiliki kembaran dengan merek lain, yaitu Daihatsu Hijet dan SubaruSambar. Pikap anyar ini masuk kategori kei truck atau pikap kecil berkapasitas mesin di bawah 1.000cc.

Bila melihat sekilas penampilannya, mungkin banyak orang tak tertarik. Tapi jika menilik berbagai insentif yang bakal diberikan Pemerintah Jepang bila membeli pikap mungil ini, bisa jadi mereka akan berpikir ulang.

Berdasarkan standar yang ditetapkan Pemerintah Jepang untuk ‘kei vehicle’ atau kendaraan kecil, produsen harus mengacu pada beberapa regulasi ini: panjang maksimum 3,4 meter, lebar 1,48 meter, tinggi 2 meter, kapasitas mesin 660 cc, tenaga 63 horsepower dan kapasitas angkut maksimum 350 kilogram.

Sementara insentif yang ditawarkan adalah sebagai berikut: pajak harga pembelian hanya tiga persen, dan konsumen juga dapat menghemat 30 persen dari pajak untuk berat kendaraan dibandingkan dengan kendaraan biasa. Kei car juga diuntungkan dari premi asuransi dan pajak jalan raya.

Pemerintah Jepang hanya menerapkan pajak yang dikenal sebagai Light Motor Vehicle Tax, yaitu ¥7.200 untuk kei car atau ¥4.000 untuk kei truck.

Seperti dua kembarannya, autoevolution menyebutkan Toyota Pixis menggunakan mesin 660 cc tiga silinder DOHC bertenaga 63 horsepower, yang dipadukan dengan girboks manual lima percepatan atau girboks matik empat percepatan.

Ditawarkan dalam dua varian, berpenggerak dua roda atau empat roda, Toyota Pixis versi termurah memiliki bobot hanya 739 kilogram dengan banderol harga mulai US$5.758.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here