Truk Mercedes Ini Serasa Kantor Berjalan

RAJAMOBIL.COM, Hanover – Jika yang lain sibuk mengembangkan mobil penumpang otonom, Mercedes-Benz sudah menerapkan teknologi ini pada kendaraan komersial truk.

Truk yang bisa berjalan tanpa campur tangan pengemudi ini adalah Mercedes-Benz Future Truck 2025. Kendaraan konsep ini sudah melakukan debutnya di ajang IAA commercial vehicle show di Hanover, Jerman, pekan ini, seperti dilaporkan Caradvice.

Future Truck 2025 ini dilengkapi dengan Highway Pilot system, yang bekerja bersama dengan sejumlah sensor dan kamera untuk menghasilkan peta digital tiga dimensi, yang mencakup kondisi jalan raya, topografi serta objek bergerak. Dengan menggunakan sisi pandang terkini, Highway Pilot dapat mengendalikan truk secara otomatis.

Highway Pilot mungkin dapat diterapkan pada 2025 jika kondisi memungkinkan. Salah satu fitur yang dapat segera disematkan pada jajaran model truk Daimler adalah blind spot assistance.

Selain kecanggihan teknologinya, sisi mengasyikkan lainnya tentu kabin dari Future Truck 2025. Ketika menengok kabin kendaraan besar ini, kesan sebagai kendaraan komersial tak berbekas sama sekali. Desain dasbor layaknya mobil penumpang premium, belum lagi lantai berlapis kayu plus tempat duduk yang bisa diputar hingga 45 derajat. Dilengkapi pula dengan komputer tablet, beberapa layar komputer dan panel instrumen yang bisa diubah konfigurasinya.

Seluruh fitur canggih ini memungkinkan pengemudi dapat melakukan pekerjaan kantoran, berkomunikasi dengan mitra bisnis dan bahkan bermain game sambil menikmati perjalanan tanpa harus menyetir. Pokoknya, situasi di kabin truk masa depan ini layaknya suasana kantor.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?