Toyota Masih Melempem di India

RAJAMOBIL.COM, New Delhi – Kurangnya model anyar yang memiliki desain apik dan berkarakter, menjadi biang keladi dari lesunya penjualan Toyota di India. Kehadiran Honda Mobilio kian memberikan tekanan pada raksasa otomotif Jepang ini.

Selama Oktober 2014, Toyota Kirloskar Motor hanya mampu menjual 12.556 unit di pasar India, turun 4,82 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2013 yang mencapai 13.162 unit.

Tak hanya penjualan domestik yang terpukul, penjualan ekspor juga tak jauh berbeda. Selama Oktober tahun ini, Toyota mengekspor sebanyak 1.160 unit Etios.

Dengan demikian, total penjualan Toyota, yang mencakup ekspor, tercatat sebanyak 13.716 unit. Padahal pada periode yang sama tahun lalu, penjualan total Toyota mencapai 15.576 unit. Artinya, terjadi penurunan 13,5%.

Etios, yang juga diekspor ke Indonesia, meski sudah mengalami facelift, tapi tetap saja kurang diminati konsumen India. Penjualan varian hatchback dan sedan dari Etios ini kalah jauh dari penjualan Maruti Ertiga dan Honda Mobilio.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here