Ada Peluang Bikin SIM Digital

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Teknologi serba digital saat ini membuka peluang untuk menghadirkan surat izin mengemudi (SIM) tanpa kartu. Bagaimana wujudnya?

SIM digital ini merupakan aplikasi yang dibenamkan ke dalam ponsel yang dapat memuat berbagai data mengenai sertifikat mengemudi yang diterbitkan otoritas terkait, dalam hal ini kepolisian. Adalah Negara Bagian Iowa di Amerika Serikat yang kini tengah mengkaji penggunaan SIM digital yang dapat menggantikan fungsi SIM dalam bentuk kartu, demikian seperti dilansir Des Moines Register.

Untuk mengakses data SIM digital ini dibutuhkan nomor identifikasi pribadi atau PIN. Sementarabarcode pada aplikasi SIM digital juga dapat dipindai oleh polisi atau untuk keperluan bisnis. Iowa akan mulai menguji coba aplikasi anyar ini pada 2015, meski jadwal pastinya belum ditetapkan.

Saat ini Iowa mengizinkan pengguna kendaraan bermotor untuk menunjukkan salinan SIM atau kartu asuransi secara digital, seperti melalui pemindaian.

Nah, layanan SIM digital ini sepertinya merupakan pengembangan dari kebijakan tersebut. Meski tampak praktis, tapi SIM digital juga berpotensi memicu masalah di jalan bila kemudian ponsel hilang atau tertinggal pada saat ada pemeriksaan polisi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here