Adu Performa Chevrolet Aveo Vs Suzuki Swift

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Membahas performa dua hatchback yang mengusung mesin dengan kapasitas sama, yakni 1.400 cc, pastilah tenaga  All New Chevrolet Aveo dan Suzuki Swift tebaru tidak jauh berbeda.

Chevrolet Aveo mengusung dapur pacu generasi terbaru, 1.4L DOHC (Dual Overhead Camshafts) dengan mesin Double CVC (Continuously Variable Cam-timing) yang tersedia dalam transmisi manual lima-percepatan (tipe LS dan LT) dan transmisi otomatis enam percepatan (LT).

Hasilnya, mesin 1.400cc milik All New Chevrolet Aveo mampu menghasilkan tenaga maksimum 100 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual lima percepatan atau transmisi enam percepatan otomatis. All New Chevrolet Aveo bisa dibilang adalah mobil pertama yang menawarkan transmisi enam percepatan, otomatis tiptronic di segmen ini.

Beralih ke Suzuki Swift terbaru. Meski notabene mengalami ‘downgrade’ dari versi lamanya dengan menggunakan mesin yang lebih kecil 100 cc, namun itu semua tidak menghambat lari Suzuki Swift terbaru. Untuk urusan tenaga, Suzuki Swift terbaru masih harus mengakui keunggulan lawannya, All New Chevrolet Aveo. Mesin1.4-liter Suzuki Swift  hanya menghasilkan tenaga mencapai 95 PS pada putaran mesin 6.000rpm dan torsi maksimal mencapai 130 Nm pada 4.000 rpm. Masih cukup bertenaga memang untuk ukuran mobil hatchback kompak ini.

Sebagai tambahan untuk fitur keamanan berkendara, All New Chevrolet Aveo sudah dilengkapi fitur standar pada semua modelnya, yakni Dual airbag, 4-channel anti-lock braking system (ABS) dengan brake assist dan Electronic Stability Control (ESC) yang akan membantu melindungi ketika terjadi kecelakaan.

Ada juga fitur “Follow-Me-Home” pada All New Chevrolet Aveo, dengan headlamps akan tetap menyala untuk menerangi jalan di saat gelap sebelum akhirnya mati secara otomatis. Sedangkan untuk All New Suzuki Swift pun hampir sama, yakni sudah membawa fitur sabuk keselamatan dengan fungsi ELR dan pengaturan ketinggian. Pengemudi dan penumpang baris depan terlindungi dengan adanya SRS Airbag (tipe GX) dan Side Impact Beam di kedua sisi pintu.

Selain itu, sistem pengereman All New Swift sudah mengadopsi sistem ABS (Anti Lock Braking System) dan EBD (Electric Brake Distribution). Sisi keselamatan dan keamanan semakin lengkap dengan adanya child proof lock pada pintu belakang. Dalam hal performa dan safety sepertinya All New Chevrolet Aveo dan All New Suzuki Swift bisa dibilang berimbang. Sekarang pilihan kembali pada Anda.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here