BMW Meradang Soal Regulasi Mesin Diesel Eropa

RAJAMOBIL.COM, Munich – Meski memiliki jajaran model bermesin diesel canggih yang rendah emisi, tak membuat BMW berleha-leha dengan rencana penerapan aturan ketat Eropa soal mesin peminum solar.

BMW, yang diwakili bos penjualan dan pemasaran Ian Robertson, mengaku jengah dengan rencana penerapan aturan ketat bagi mesin diesel itu yang dinilainya terlalu terburu-buru dan menyulitkan para pabrikan mobil.

Untuk diketahui, beberapa negara Eropa, seperti Inggris dan Perancis, akan melarang mobil bermesin diesel beroperasi jika tak memenuhi ambang batas emisi yang ditentukan.

Menurut Robertson, seperti dikutip Autocar, target emisi CO2 sebesar 95g/km untuk seluruh kendaraan berbahan bakar minyak pada 2020, ditambah dengan legislasi Euro 6 hanya akan menempatkan pabrikan mobil dalam posisi sulit.

“Untuk mencapai target emisi 95g/km, kita butuh kendaraan listrik. Tapi untuk memasarkan mobil listrik butuh kerjasama pemerintah untuk membangun infrastruktur dan insentif untuk pengembangan teknologinya. Dan ini butuh waktu tak sebentar, bukan dua atau tiga tahun,” katanya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?