Ini Hari Kerja Pertama Harga Mobil India Naik

RAJAMOBIL.COM, New Delhi – Setelah libur Tahun Baru, Jumat ini (2/1) menjadi hari kerja pertama bagi sebagian besar publik India menghadapi kenaikan harga kendaraan bermotor. Kenaikan harga kendaraan bermotor, termasuk mobil, di India sebagai imbas dari pencabutan konsesi cukai oleh pemerintah negeri itu mulai tengah malam 31 Desember 2014.

Salah satu pabrikan yang terpaksa menaikkan harga produknya adalah Maruti Suzuki India Limited, yang membebankan kenaikan pajak 4% itu kepada konsumen. Langkah itu juga diikuti sejumlah besar pabrikan lain, demikian seperti dilaporkan Economic Times.

Meski tahun 2015 ini diharapkan penjualan mobil di India pulih kembali setelah dalam dua tahun terakhir melambat, kebijakan pemerintah India mencabut konsesi pajak itu adalah untuk menambah pendapatan negara dari pajak demi mengejar target defisit fiskal 4,1% dari PDB.

Sementara itu Chairman Maruti Suzuki RC Bhargava memperkirakan, dampak pencabutan konsesi pajak ini terhadap penjualan mobil hanya bersifat sementara.

Berikut adalah kenaikan pajak terhadap kendaraan bermotor berdasarkan kategorinya, yaitu mobil kecil, roda dua, roda tiga dan kendaraan niaga naik 4%, mobil ukuran sedang meningkat dari 20% menjadi 24%. Sedangkan untuk mobil ukuran besar naik dari 24% menjadi 27, dan SUV menanjak dari 24% menjadi 30%. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here