Tantang Ford Focus, Proton Suprima S Andalkan Aura Sporty

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Segmen hatchbackmedium di Indonesia memang tidak secemerlanghatchback kompak. Terhitung kelas ini hanya diisi oleh Ford Focus atau Nissan Latio yang bahkan sudah dihentikan produksinya.

Tapi hal tersebut tampaknya tidak menyurutkan niat Proton meluncurkan hatchback andalannya, Suprima S, untuk bertarung head to head dengan Ford Focus. Sama seperti Ford Focus yang juga memiliki varian sedan, Proton Suprima S juga memiliki versi sedan bernama Proton Preve. Jika dibandingkan dengan Toyota Yaris, Honda Jazz dan Mazda2, tentunya kedua mobil ini bukan saingan mereka karena dari dimensi, mesin dan fitur sudah sangat berbeda.

Menarik untuk melihat seberapa hebat Proton Suprima S untuk paling tidak ‘mengganggu’ pasar Ford Focus hatchback. Berikut ulasannya.

Sebagai mobil favorit di negara asalnya, Malaysia, Proton mencoba peruntungan dengan meluncurkan Suprima S di Indonesia. Berbicara soal eksterior, Proton Suprima S ini sebenarnya adalah Proton Preve yang dipangkas menjadi hatchback. Bedanya, selain tampilan belakangnya yang lebih pendek, gril dan bentuk bumper depan yang lebih sporty, serta fog lamp mobil ini memiliki sedikit perbedaan dibandingkan varian sedannya.

Untuk desain belakang, Proton Suprima S menonjolkan kesan sporty pada tampilannya. Berbeda jika kita menengok bagian depan yang cenderung menonjolkan sisi elegan dan berkelas lewat gril,bumper dan head lamp yang sudah dilengkapi LED DRL.

Beralih ke Ford Focus. Dari eksterior, Focus generasi ketiga ini diklaim sebagai mobil kuat. Alasannya karena All New Focus menggunakan struktur bodi keras berkat penggunaan 55% baja berkekuatan tinggi. Pengaplikasian tersebut diakui bisa menambah kekuatan yang menghasilkan dinamika saat berkendara. Dan tidak hanya itu, struktur bodi anyar ini diklaim bisa menurunkan tingkat kebisingan, getaran dan pengendalian yang keras.

Tampilan eksterior depan dari Ford Focus bisa dibilang sangat dinamis dan sporty berkat bentukhead lamp dan bumper. Sedangkan untuk tampilan belakang All New Ford Focus berbeda dari versi terdahulunya. Jika model lawas dari hatchback yang sempat dinobatkan sebagai mobil terlaris di dunia ini cenderung monoton, kini tampilan anyar All New Ford Focus lebih sporty dan detail lampu belakang yang lebih kreatif serta menawan.

Jadi untuk urusan eksterior sepertinya Proton Suprima S dan All New Ford Focus cenderung berimbang, serta memiliki nilai plus masing-masing. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here