BMW Siap Beri Subsidi Untuk Diler di China

RAJAMOBIL.COM, Shanghai – BMW AG setuju memberikan subsidi 5,1 miliar yuan (US$820 juta) untuk jaringan dilernya di China.

“Keputusan BMW itu merupakan upaya menyelesaikan perselisihan dengan pihak diler terkait  lesunya penjualan,” kata Deputi Sekretaris Jenderal China Automobile Dealers Association Song Ta, seperti dikutip Wall Street Journal.

Menurut Song, subsidi itu akan dibayarkan pada Februari 2015.

BMW membenarkan laporan tersebut, meski raksasa otomotif Negeri Bavaria itu enggan menyebut jumlah pasti nilai subsidi yang ditawarkan.

“Banyak diler otomotif di China mengalami tekanan akibat lesunya penjualan sejak semester kedua 2014,” kata BMW.

Namun demikian, negosiasi antara BMW dan jaringan dilernya terkait target penjualan tahun ini masih terus berlangsung dan belum menemui kata sepakat.

Pekan lalu, sejumlah diler BMW mengancam tak lagi mengambil mobil baru dari BMW jika pabrikan mobil mewah Jerman itu tidak setuju menurunkan target penjualan dan memberikan mereka subsidi.

Selain BMW, pabrikan lain yang mengalami masalah dengan jaringan dilernya adalah Toyota. Bahkan sekitar 10% dari jaringan diler mengancam tidak melanjutkan kerjasama menyusul kerugian yang mereka pikul akibat merosotnya penjualan. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here