Honda Siap Bayar Denda US$70 Juta

RAJAMOBIL.COM, Detroit – Setelah dinyatakan bersalah dan dikenai denda hingga US$70 juta (Rp875 miliar). Honda menyatakan siap membayar denda tersebut.

Sebelumnya diberitakan, denda tersebut karena Honda tak melaporkan 1.729 komplain terhadap kendaraan yang menyebabkan kematian dan cedera.

Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NTHSA) menyatakan jika masalah tersebut disembunyikan Honda selama 11 tahun. Baru pada November 2013 NTHSA mengetahui masalah tersebut dan lantas mendenda Honda karena tidak melaporkan masalah tersebut.

“Denda ini mengirimkan pesan yang sangat jelas bagi seluruh produsen memiliki tanggung jawab untuk melaporkan masalah yang lengkap. Selain itu harus tepat waktu terkait informasi penting ini,” ucap Dr Mark Rosekind dari NTHSA, seperti dilansir dari Autonews.

Selain denda tersebut, NTHSA juga meminta Honda menyerahkan semua informasi yang dibutuhkan. Hal ini untuk mengevaluasi setiap masalah dan menentukan kelayakan terhadap mobil yang di recall.

Namun, beberapa kalangan di Amerika Serikat menyatakan, denda pada Honda ini menunjukkan lambatnya kerja lembaga keselamatan AS. Hal itu karena lembaga tersebut lambat dalam mengidentifikasi isu-isu keamanan dalam kendaraan. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here