Hyundai Sonata Kini Punya Varian Plug-In Hybrid

RAJAMOBIL.COM, Detroit – Hyundai kembali memberikan tekanan terhadap Toyota Camry dengan memperkenalkan dua model Hyundai Sonata yang fokus pada efisiensi bahan bakar.

Kedua model Sonata anyar yang diperkenalkan di ajang Detroit Auto Show adalah varian hybrid dan All New Sonata Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Ini merupakan kendaraan plug-in hybridpertama Hyundai yang pernah ada.

Sonata anyar ini diperkirakan mampu menempuh jarak 32,187 km dengan mengandalkan motor listrik. Untuk mengisi penuh baterai Sonata dibutuhkan waktu sekitar dua setengah jam, demikian seperti dilansir greencarreports.com.

Mesin konvensional Sonata PHEV adalah mesin 2.0-liter empat silinder bertenaga 154 hp dan torsi 140 lb-ft. Digabungkan dengan motor listrik berkekuatan 50 kW, maka tenaga total Sonata adalah 202 hp. Hyundai mengklaim motor listrik ini 32% lebih bertenaga ketimbang yang dipakai Sonata Hybrid standar.

Kedua model hybrid ini menggunakan girboks matik enam percepatan yang mengalirkan tenaga ke roda depan. Jika baterai terisi penuh, konsumsi bahan bakar Sonata PHEV adalah 39,54 km/liter. Artinya dalam seliter sedan ini mampu menempuh jarak 39,54 km dengan dukungan motor listrik.

Kedua Sonata hybrid juga mengalami perbaikan dari sisi aerodinamika. Meski demikian, dari penampilan eksteriornya, keduanya tak jauh berbeda dengan Sonata biasa. Yang akan membedakan antara Sonata hybrid dengan varian bensin adalah warna catnya. Kedua Sonatahybrid ini akan mulai dipasarkan pada akhir 2015. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here