Ahok Tiru Singapura Terkait Pembatasan Usia Mobil

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama ingin meniru Singapura terkait pembatasan usia mobil.

“Kajian hal itu masih panjang. Bukan mobil tua tidak boleh jalan, di Singapura aja peraturannya mobil boleh jalan, itu ada tanda di STNK (Surat Nomor Kendaraan Bermotor) tapi di hari Sabtu-Minggu atau hari libur,” ujar lelaki yang akrab dipanggil Ahok itu, di Balai Kota Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Ahok, hal tersebut bukan mengartikan mobil di atas 10 tahun tidak boleh melintas di Jakarta. “Nantinya bayar pajaknya lebih mahal. Tapi kalau kamu mau murah, misalnya, jalannya hanya saat hari libur,” terang Ahok.

“Singapura aja ada mobil 10-20 tahun boleh kok. Cuma pajaknya lebih mahal lagi nanti,” tambah Ahok.

Wacana yang dicanangkan Ahok tersebut mendapatkan tentangan. Bahkan terdapat 50 komunitas mobil klasik/tua berkumpul guna mencari solusi dan memberikan masukan kepada Ahok terkait wacana itu.

Tentangan tersebut juga diungkapkan oleh Iwan Bule, dari Triple C (Corolla Classic Community).  “Jika memang ingin mengatasi kemacetan dengan cara menonaktifkan kendaraan di atas usia 10 tahun, juga mau menaikkan pajak kendaraan mobil usia di atas 10 tahun, maka tolong perbaiki dulu jalanan rusak, parkir liar, dan mobil-mobil instansi pemerintah yang memang sudah tidak layak,” ujar Iwan. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here