Nissan X-Trail dan KIA Sorento Beradu Gaya

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) coba kembali menggebrak di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) dengan merilis model teranyar dari Nissan X-Trail. Meninggalkan desain lama yang mengkotak, Nissan X-Trail kini hadir lebih elegan dan dinamis.

Memiliki tiga pilihan mesin mulai dari 2.0 L manual, 2.0 CVT, dan 2.5 CVT, Nissan seperti ingin ‘merusak’ dominasi pasar SUV medium yang dikuasai Honda, KIA dan Mazda. Bukan Honda atau Mazda, Nissan X-Trail varian teratas bermesin 2.5 CVT akan coba kami komparasikan dengan SUV asal Korea Selatan, KIA Sorento. Simak pertarungan keduanya.

Nissan meluncurkan generasi ketiga dari SUV X-Trail dengan menjanjikan berbagai kelebihan serta ketangguhan dari model terdahulu. Untuk eksterior, seperti sudah dibahas sebelumnya, bodi kotak lama sudah ditinggalkan dan kini Nissan X-Trail terbaru ‘move on’ dengan desain lebih agresif dan elegan.

Tampilan depan ditunjang dengan bentuk gril “V-Shapes” khas Nissan dan sorot tajam LED headlamp yang dilengkapi Day Time Running Light (DRL). Sebagai penunjang penampilan dari Nissan X-Trail bermesin 2.5 CVT, ada velg berukuran 18 inci, roof rail, dan molding plastik daribumper depan, samping hingga ke bagian belakang, yang cukup mendongkrak nilai kegagahan SUV Nissan ini.

Lanjut ke bagian belakang, tampilan Nissan X-Trail anyar dipercantik dengan rear spoiler plus LED high mount stop lamp dan tambahan krom pada list di atas tempat plat nomor. Ada juga fitur Power Tailgate (pintu belakang dibuka tutup secara elektris) yang dilengkapi dengan sistem Touchless Backdoor.

Selebihnya, eksterior mobil yang memiliki dimensi panjang 4.640 mm, lebar 1.820 mm dan tinggi 1.720 mm ini cukup ‘bertaji’ jika dibandingkan SUV milik kompetitor. Beralih ke KIA Sorento. Memiliki tampilan eksterior yang menarik, KIA Sorento memiliki garis-garis bodi yang tegas mulai dari depan hingga ke belakang.

Pada bagian depan, gril krom ‘tiger nose’ masih menghiasi wajah dari KIA Sorento. Sama seperti Nissan XTrail, headlamp dari KIA Sorento juga sudah dilengkapi LED DRL (Daytime Running Lights), namun dengan desain berbeda. Tidak berhenti sampai di situ, panaromic sunroof juga menjadikan All New KIA Sorento menjadi lebih mewah dibanding SUV milik kompetitor.

Sama seperti bagian depannya, tampilan belakang yang sedikit mengotak dari KIA Sorento juga tak kalah elegannya berkat dukungan desain lampu belakang ukuran besar. All New Sorento juga dilengkapi dengan keyless entry, rear camera, LED positioning lamp dan cornering lamp yang sangat membantu pengemudi saat berbelok. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here