Ini Cara Toyota Tandingi Mobil Otonom

RAJAMOBIL.COM, San Francisco – Toyota belum yakin mobil otonom akan digemari banyak orang, terutama mereka yang ingin merasakan sensasi mengemudi sendiri. Tak ingin kalah pamor dengan mobil otonom, Toyota punya cara sendiri.

Untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pengemudi mobil Toyota, pabrikan mobil terbesar dunia ini menyematkan sejumlah teknologi keselamatan yang menyamai kecanggihan sistem pada mobil otonom.

Hebatnya, Toyota akan melengkapi model-model terbarunya dengan salah satu teknologi keselamatan anyar, Toyota Safety Sense, mulai tahun ini, demkian dilansir Toyota melalui laman resminya.

Tahap pertama, teknologi canggih itu akan dipasang pada hatchback Toyota Auris dan Avensis, diikuti kemudian pada Yaris dan Aygo pada musim panas mendatang.

Rencananya, Toyota akan mencangkokkan teknologi keselamatan dan penunjang kenyaman pengemudi ini pada sekitar 70 persen dari jajaran model yang dimiliki raksasa otomotif asal Negeri Sakura ini hingga akhir 2015. Teknologi pintar ini akan terpasang sebagai perlengkapan standar untuk model-model kelas atas, sementara untuk mobil kecil dan entry level sebagai peranti opsional.

Selain itu, Toyota juga sudah siap memasang fitur bernama Pre-Collision System, yang dapat mendeteksi obyek di depan kendaraan dan memperingatkan pengemudi baik secara visual maupun bunyi bila berpotensi menabrak. Jika pengemudi gagal merespons peringatan itu, sistem akan otomatis mengaktifkan rem untuk menghindari atau meminimalkan dampak benturan.

Fitur anyar berikutnya adalah lane departure system. Teknologi ini menggunakan kamera untuk memastikan kendaraan tetap pada jalurnya. Jika kendaraan berpindah jalur tanpa lampu sein, sistem akan mengaktikan indikator berupa bunyi atau lampu di dasbor. Untuk model mahal, tentu sistem ini akan otomatis mengarahkan setir agar kembali ke jalurnya, jadi tanpa intervensi pengemudi.

Belum lagi fitur Intelligence Clearance Sonar pada sejumlah model tertentu untuk membantu pengemudi memarkir kendaraan. Sistem anyar ini akan mendeteksi obyek jauh dan juga akan mengaktifkan rem jika diperlukan. Panoramic View Monitor ditawarkan sebagai bonus, yang dapat membantu mobil memantau lingkungan sekitar melalui ‘sorotan mata burung’ dengan dukungan empat kamera dan software baru. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?