Honda Donasikan City CNG untuk Bahan Riset BPPT

RAJAMOBIL.COM, Jakarta –  Pengembangan mobil penumpang dengan bahan bakar alternatif seperti listrik, gas, dan lainnya tengah disempurnakan, bahkan sebagian besar produsen mobil telah siap dengan hal tersebut. Di beberapa negara pun kini sudah memfasilitasi mobil penumpang berbahan bakar gas, atau biasa disebut Compressed Natural Gas (CNG).

Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah Indonesia pun telah mempertimbangkan mengenai penerapan mobil penumpang berbahan bakar CNG. Demi kelancaran rencana tersebut, PT Honda Prospect Motor (HPM) mendonasikan satu unit Honda City CNG kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di kawasan Puspitek BPPT, Serpong, Tangerang, Senin, (16/02).

Unit Honda City CNG tersebut nantinya akan digunakan sebagai riset untuk edukasi dan pengembangan teknologi energi bahan bakar alternatif, khususnya gas di Indonesia.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir yang hadir dalam serah terima unit Honda City CNG tersebut mengaku antusias atas kerjasama antara PT HPM dan BPPT.

“Kerjasama ini nantinya akan memberikan perubahan. Mengingat cadangan energi dari bahan bakar minyak semakin menipis sekiranya penerapan bahan bakar gas (CNG) ini ditingkatkan dan dikembangkan terus melalui iptek yang dilakukan secara sinergi antara pemerintah, akademisi, dan industri,” ujar M. Nasir.

President Director PT HPM Tomoki Uchida juga berharap donasi ini dapat memberi perubahan berarti.

“Honda City CNG merupakan terobosan dalam teknologi otomotif yang cocok untuk diterapkan untuk waktu mendatang. Kami berharap Honda City CNG dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk dipelajari sebagai salah satu kendaraan dengan energi bahan bakar alternatif yang sesuai untuk dapat diterapkan ke depannya,” papar Tomoki Uchida.

Honda City CNG pertama kali diperkenalkan di Thailand pada 2012 dan telah dipasarkan di negara tersebut. Honda City CNG menggunakan mesin 1.5 liter i-VTEC SOHC empat silinder yang mempunyai dua sumber tenaga, yaitu mesin bertenaga bensin (konvensional) dan CNG. Jadi pengemudi dapat memilih mode berkendara dengan mesin bensin ataupn CNG. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here