Apple Bakal Akuisisi Tesla?

RAJAMOBIL.COM, San Francisco – Keseriusan Apple terjun di dunia otomotif, khususnya di segmen mobil otonom, telah memicu berbagai spekulasi.

Jason Calacanis, seorang pebisnis dan investor di Apple, yakin Apple akan membeli Tesla senilai US$75 miliar dalam 18 bulan ke depan, tepatnya sebelum Tesla Model 3 meluncur di pasar.

Tapi bila tak ingin diakuisisi, menurut Calacanis, seperti dilansir Tech Times, Tesla harus meningkatkan kapitalisasi pasarnya. Dengan demikian akan terbuka peluang untuk merger antara Apple dan Tesla.

Perlu diketahui, saat ini Tesla memiliki kapitalisasi pasar senilai US$25,55 miliar, jauh dibandingkan dengan Apple yang mencapai US$740 miliar. Calacanis juga yakin Apple tertarik membeli Tesla, apalagi jika melihat bos Apple Tim Cook yang sangat mendukung energi terbarukan.

Selain itu, faktor lain yang menguatkan kemungkinan Apple mengakuisisi Tesla adalah pernyataan CEO Tesla Elon Musk yang tengah menggarap teknologi baterai untuk sumber listrik di rumah. Alasan lain adalah bahwa kompetitor utama Apple, yakni Google, yang juga makin serius mengembangkan teknologi mobil otonom. Ini jelas mengusik Apple yang tak mau kalah untuk bertarung di industri lainnya.

Pertanyaan besarnya adalah, apakah memang Musk ingin menjual Tesla dan apakah Apple adalah calon pembeli yang tepat?

Dalam wawancara dengan Bloomberg beberapa waktu lalu, Musk tak menyebutkan dirinya tidak akan menjual Tesla, namun akuisisi juga kecil kemungkinannya. Bila demikian, mungkin saja benar asumsi Calacanis bahwa Tesla akan merger dengan Apple setelah mereka dapat meningkatkan kapitalisasi pasarnya.

Sebenarnya peluang melepas Tesla cukup terbuka jika mengacu pada ambisi Musk yang ingin berbisnis perjalanan ke Mars. Untuk memenuhi ambisinya, dibutuhkan dana US$75 miliar, dan akuisisi merupakan cara termudah mendapatkan dana segar untuk lebih serius menggarap bisnis peluncuran manusia ke Mars. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here