Proton Bakal Produksi Lotus di China

RAJAMOBIL.COM, Beijing – Proton Holdings Berhad berencana memproduksi kendaraan merek Lotus di kota Quanzhou, China, dengan menggandeng Goldstar Heavy Industrial Co.

Berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani bulan ini, seperti dilansir Automotive News, pabrik baru hasil patungan itu akan memproduksi mobil dan mesin. Namun tak dijelaskan lebih jauh mengenai model kendaraan maupun investasi yang ditanamkan untuk pembangunan fasilitas produksi tersebut.

“Proton Holdings Bhd., yang merupakan perusahaan pembuat mobil milik pemerintah Malaysia, akan membangun mobil bermerek Lotus di kota pelabuhan di wilayah timur China bersama perusahaan asal China bernama Goldstar Heavy Industrial Co.,” demikian penjelasan pemerintah kota Quanzhou melalui laman resminya.

Proton telah lama menginginkan untuk memproduksi mobil di China. Dalam dasawarsa lalu, Proton telah berusaha dan gagal membentuk perusahaan patungan dengan di China dengan Hawtai Motor Group Co. dan China Youngman Automobile Group Co.

Sementara itu, Goldstar Heavy Industrial yang berbasis di kota Dongguan, selama ini memproduksi bus ukuran sedang dan peralatan mesin. [yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here