NHTSA Perintahkan Takata Amankan Barang Bukti

RAJAMOBIL.COM, New York – National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) memerintahkan Takata mengamankan semuainflator airbag untuk penelitian lebih lanjut.

Menteri Transportasi AS Anthony Foxx, seperti dilansir Detroit News, mendesak Takata untuk tidak ‘menghilangkan’ inflator airbag yang telah dilepaskan dari kendaraan saat recall. Komponen tersebut akan menjadi barang bukti dalam proses investigasi NHTSA dan juga dalam kasus litigasi.

“Departemen ini fokus pada perlindungan terhadap keselamatan publik Amerika dari kasus kerusakan airbag dan tengah menyelidiki bagaimana komponen bermasalah ini sampai bisa dipasang pada jutaan mobil di AS. Perintah untuk mengamankan inflator airbag ini dapat membantu kami untuk melakukan penyelidikan hingga tuntas,” kata Foxx.

Perintah dari Foxx itu juga dapat memastikan upaya NHTSA mengakses seluruh data dari pengujian inflator yang bermasalah itu. Foxx mengatakan NHTSA saat ini tengah melakukan investigasi baru terhadap analisis teknis, yang merupakan langkah krusial dalam menentukan penyebab pasti dari masalah pada airbag buatan Takata.

Sebagai bagian dari perintah Foxx, Takata juga diwajibkan menyimpan 10% dari inflator yang di-recall dan siap untuk dilakukan penelitian pihak penyelidik swasta. Sekitar 17 juta kendaraan yang dilengkapi airbag buatan Takata terkena recall sejak 2008. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here