Performa Mazda BT-50 Langkahi Chevrolet Colorado

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Mengulas eksterior dan interior pasti belum lengkap tanpa menilik performa dari Chevrolet Colorado dan Mazda BT-50.

Memiliki kapasitas mesin yang berbeda, ‘jeroan’ Mazda BT-50 hanya 2.2-liter, atau lebih kecil dibandingkan mesin 2.5-liter milik Chevrolet Colorado. Bagaimana dengan performanya?

Seperti yang sudah disebutkan, Chevrolet Colorado menggunakan mesin 2.500 cc commonrail diesel dengan turbocharger intercooler yang bisa menyemburkan tenaga hingga 150 Ps/3.800 Rpm dan torsi maksimum 350 Nm/3.800 Rpm. Mesin Chevrolet Colorado disalurkan ke pilihan transmisi manual lima percepatan dengan sistem penggerak empat roda di seluruh varian. Namun untuk Chevrolet Colorado tidak disediakan varian bertransmisi otomatis.

Untuk urusan performa, Chevrolet Colorado sepertinya harus mengakui keunggulan Mazda BT-50. D-cab andalan Mazda ini memiliki akselerasi kuat, 0-100 km/jam mampu dilahap dalam waktu hanya 13,7 detik. Padahal kapasitas mesin Mazda yang hanya 2,2-liter. Tenaga maksimal yang dihasilkan mesin BT-50 juga sama dengan Colorado, namun torsi puncaknya lebih unggul 25 Nm.

Lebih unggul lagi, torsi puncak mesin MZ-CD 4-silinder milik Mazda BT-50 mampu diraih dalam rentang putaran mesin yang jauh lebih lebar, dari 1.500 rpm hingga 2.500 rpm, dibandingkan mesin Duramax milik Colorado (350 Nm pada 2.000 rpm). Kuncinya ada pada penggunaan turbo model variable geometry yang diaplikasi BT-50, sedangkan Colorado masih menggunakan perangkat turbocharger konvensional.

Sebagai penerus daya mesin ke roda, BT-50 menggunakan transmisi otomatis enam percepatan, sehingga lebih nyaman untuk digunakan harian apalagi tidak memengaruhi performa sama sekali. Berbeda dengan Colorado yang masih bertahan dengan model manual lima percepatan.

Berbicara soal fitur keamanannya, baik Chevrolet Colorado dan Mazda BT-50 sama-sama sudah dilengkapi fitur keselamatan modern. Fitur keselamatan Mazda BT-50 tergolong lengkap, yakni Dual SRS Airbags, ABS+EBD+BA, Brake Override System (BOS), Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TSC), Emergency Stop Signal (ESS), Roll Stability Control (RSC), Trailer Sway Assist, Hill Launch Assist (HLA) dan Hill Descent Control (HDC).

Untuk Chevrolet Colorado sepertinya harus mengakui keunggulan dari Mazda BT-50, karena kalah lengkap. Meski demikian Chevrolet Colorado sudah dilengkapi Dual SRS Airbags, rem ABS+EBD, remote alarm dengan immobilizer, dan steel skid plate untuk melindungi mesin dan transmisi dari benturan gundukan di medan off-road. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here