Tesla Sudah Bangun Hampir 400 Supercharger

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Tesla Motors mampu sedikit mengobati kekhawatiran para pemilik mobil listrik terkait dengan pengisian baterai. Sudah mahfum bahwa banyak mobil listrik kurang diminati karena jarak tempuhnya terbatas dan waktu pengisian baterainya lama.

Selain itu, kurangnya infrastruktur pengisian baterai juga menjadi perhatian para pemilik mobil tanpa BBM hampir di seluruh dunia, tak terkecuali di AS yang menjadi rumah bagi Tesla. Tapi Tesla tak mau menyerah untuk mengubah pikiran banyak orang bahwa sebenarnya memiliki mobil listrik itu mudah.

Salah satu upaya yang dilakukan Tesla meyakinkan konsumen mobil listrik Model S, sedan listrik andalan pabrikan milik Elon Musk, adalah memperluas jaringan stasiun pengisian baterai, yang kini telah mencapai 400 unit di seluruh dunia, yang terdiri atas stasiun pengisian baterai biasa dan Supercharger.

Para penggemar Tesla dan juga pemilik mobil listrik Model S sudah paham bahwa menggunakan fasilitas dalam jaringan Supercharger, yaitu fasilitas pengisian baterai cepat milik Tesla, tidak dipungut biaya. Di masing-masing stasiun pengisian baterai milik Tesla itu memiliki sedikitnya enam konektor pengisian baterai dengan waktu pengisian sekitar 30 menit. Dengan mengisi penuh baterai, maka mobil Tesla dapat menempuh jarak 274 km.

Untuk Supercharger, Tesla kini memiliki 397 unit di seluruh dunia, yang meliputi lebih dari 2.150 unitcharger individual. Selain itu Tesla membuka 39 Supercharger mulai Januari 2014 hingga April 2014, dan pada periode Mei-Agustus 2014 bertambah lagi sebanyak 20 unit.

Penambahan terus dilakukan oleh Tesla, dan pada kuartal ketiga tahun lalu ada lagi 37 unit Supercharger dan 264 stasiun pengisian baterai biasa. Kanada juga mendapatkan jatah 12 Supercharger dengan 62 charger individual, sedangkan lokasi Supercharger lainnya tersebar di Jerman, Perancis, China, Jepang dan Australia.

Berdasarkan data yang dirangkum LA Times, terdapat sekitar 397 Supercharger di seluruh dunia (173 di AS), sementara 19 lokasi masih dalam pembangunan serta 14 lokasi masih menunggu persetujuan. Pelan tapi pasti, janji Tesla membangun jaringan Supercharger yang luas sudah mulai menjadi kenyataan. [mor]

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here