Posisi BMW Diprediksi Digulingkan Audi Tahun Ini

RAJAMOBIL.COM, Detroit РBMW kini harap-harap cemas apakah mampu mempertahankan predikat sebagai raja mobil mewah global hingga akhir tahun 2015, seiring dengan pertumbuhan pesat yang dialami dua rivalnya, Audi dan Mercedes-Benz.

Saat tutup tahun, seperti dilansir LA Times, BMW mungkin akan menyerahkan posisi puncak kepada Audi sebagai brand premium terkemuka dunia. Kemungkinan bakal tergusurnya BMW sebagai peraup penjualan terbesar di segmen mobil mewah, diakui juga oleh ECO BMW Group Norbert Reithofer.

Namun kepada wartawan di sela rapat tahunan yang membahas kinerja keuangan, Reithofer menegaskan bahwa BMW Group masih akan mampu mempertahankan posisi teratas dalam hal penjualan jika merek MINI dimasukkan.

Adapun dua rival utama BMW yang juga berasal dari Jerman, Audi dan Mercedes-Benz, membidik posisi puncak BMW dalam hal penjualan pada 2020 dan catatan penjualan keduanya kini sudah semakin dekat dengan BMW.

Selama dua bulan pertama 2015, Audi berhasil mengungguli BMW, sedangkan Mercedes-Benz mencatat laju pertumbuhan tercepat di antara tiga pabrikan mobil mewah Jerman pada periode yang sama.

Salah satu alasan kenapa BMW mulai terkejar rivalnya adalah kurangnya penetrasi di segmen entry-level. Di segmen ini, Audi memiliki senjata andalan melalui A1 dan Mercedes punya CLA.

IHS Automotive mengestimasi BMW masih mampu mempertahankan mahkotanya tahun ini dengan estimasi penjualan global sebanyak 1,82 juta unit, sementara Audi akan menjual sebanyak 1,7 juta dan Mercedes 1,6 juta unit.[yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?