Sistem Cegah Sopir Mabuk Selamatkan Ribuan Jiwa

RAJAMOBIL.COM, Detroit – Mengemudi sambil mabuk alkohol adalah salah satu pemicu tingginya angka kecelakaan yang merenggut banyak korban jiwa dan luka-luka.

Di Amerika Serikat atau Eropa yang ‘menghalalkan’ minuman beralkohol dikonsumsi di semua area publik, tercatat banyak kasus kecelakaan yang dipicu oleh pengemudi yang berada di bawah pengaruh alkohol. Untuk itu, sejumlah negara bagian di AS mewajibkan kendaraan roda empat dilengkapi teknologi yang dapat mengetahui kondisi pengemudi sedang mabuk atau tidak. Jika terendus mabuk, maka sistem akan memerintahkan kunci kontak tidak dapat menghidupkan mesin mobil.

Sistem tersebut diakui tim peneliti dari Injury Center and Transportation Research Institute di University of Michigan, telah menyelamatkan puluhan ribu jiwa. Berdasarkan hasil studi oleh tim peneliti universitas tersebut, seperti dilansir Bloomberg, teknologi pemantau pengemudi mabuk dapat menyelamatkan 59.000 jiwa dan menghemat US$343 juta dalam periode 15 tahun.

Namun studi tersebut mengasumsikan semua kendaraan yang dijual di AS telah dilengkapi teknologi tersebut. Teknologi ignition interlock ini sebenarnya bukan hal baru, karena sudah diterapkan sejak sekitar 1960-an dan diwajibkan di sejumlah negara bagian AS untuk mencegah pengemudi mabuk berkendara di jalan raya.

Menurut data dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), kematian akibat mengemudi mabuk turun 23% pada dasawarsa lalu, dengan mencatat kematian sebanyak 10.076 orang pada 2013. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?