Obama Ingin Mobil Pemerintah Emisi Nol Persen

RAJAMOBIL.COM, Washington – Inggris dapat menjadi contoh bagi kota-kota besar lain di dunia betapa Negeri Elizabeth itu peduli terhadap kebersihan udara melalui kampanye penggunaan mobil rendah emisi.

Di Inggris, ada beberapa perusahaan rental kendaraan yang mengoperasikan armada bermesin hybrid atauplug-in hybrid, demikian juga dengan lembaga pemerintahan. Sepertinya apa yang dilakukan Inggris ingin diterapkan pula di AS. Hal itu terungkap dari pernyataan Presiden AS Barack Obama yang menginginkan lembaga-lembaga federal untuk membeli lebih banyak mobil listrik dan hybrid sebagai armada transportasi.

Seperti dilansir NY Times mengutip pernyataan Gedung Putih, pemerintah federal AS punya ambisi besar untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 30% hingga 2025. untuk memuluskan rencana itu, kendaraan listrik dan plug-in hybrid harus dibeli untuk mendukung 655.000 unit armada kendaraan milik pemerintah.

Obama menerbitkan surat edaran yang memerintahkan lembaga federal untuk membeli mobil beremisi nol persen atau PHEV yang mencapai sekitar 20% dari seluruh mobil baru yang dibeli pemerintah hingga 2020. Ini baru tahap pertama. Untuk tahap kedua, jumlah mobil ramah lingkungan harus bertambah menjadi 50% pada 2025.

Berdasarkan data Alliance of Automobile Manufacturers, pembelian oleh pemerintah lokal dan negara bagian selama 10 bulan pertama 2014, hanya kurang dari 0,33% untuk mobil listrik dan hanya 4% untuk kendaraanplug-in hybrid. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here