GM Terancam Gugatan Senilai Rp130 Triliun

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – General Motors kemungkinan tak lagi mendapatkan perlindungan terhadap gugatan hukum atas kasus yang terjadi sebelum 2009. Kenapa?

Pada 2009, GM mengajukan kepailitan dan mendapatkan dana talangan dari pemerintah AS untuk melakukan restrukturisasi keuangan. Ketika itu, hakim kepailitan, Robert Gerber menyebutkan, GM mendapatkan perlindungan dari segala gugatan hukum setelah resmi pailit dan di bawah kendali pemerintah.

Tapi kasus recall terkait kerusakan switch kunci kontak yang melibatkan jutaan kendaraan dari berbagai tahun model, berpotensi meruntuhkan perlindungan yang selama ini menyelamatkan GM dari gugatan hukum. Adalah hakim yang sama, yakni Gerber, yang akan mengubah nasib GM dalam menghadapi gugatan terkait recall.

Menurut Gerber, GM kini tidak lagi layak mendapat perlindungan setelah kasus recall itu menyasar jutaan kendaraan dan merenggut puluhan jiwa dan ratusan lainnya terluka. Sementara itu, angka resmi korban tewas akibat kerusakan switch kunci kontak mencapai 74 orang dan sejumlah pemilik kendaraan GM yang tidak menjadi korban telah mengajukan gugatan hukum terhadap raksasa otomotif AS itu karena nilai jual mereka anjlok, demikian seperti dilansir Bloomberg.

Jika Gerber akhirnya memutuskan untuk mencabut hak perlindungan hukum pada GM dari berbagai gugatan hukum, terutama klaim terhadap kendaraan yang diproduksi sebelum 2009, maka GM harus siap menghadapi potensi gugatan senilai US$10 miliar atau sekitar Rp130 triliun. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here