Produksi Mobil dan Komponen Diminta Terintegrasi

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Demi memperkuat struktur industri nasional dan perluasan mata rantai produksi otomotif, sebaiknya produksi otomotif beserta komponennya dapat terintegrasi.

“Lokalisasi produksi bertujuan untuk memperkuat struktur industri nasional dan perluasan mata rantai produksi otomotif. Pabrikan yang telah berproduksi di Indonesia dapat menjadi penarik bagi perusahaan lainnya melakukan proses produksi serupa di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin, di Jakarta, Senin (13/4).

Terintegrasinya fasilitas produksi, menurut Saleh, akan mendukung tercapainya target penjualan automotif dalam negeri hingga mencapai 1,7 juta unit sampai dengan dua juta unit kendaraan per tahun pada 2020.

“Peluang pengembangan industri komponen dalam negeri cukup menjanjikan. Hal ini karena didorong semakin berkembangnya industri perakitan serta meningkatnya kebutuhan suku cadang untuk layanan purnajual seiring meningkatnya tingkat motorisasi dalam negeri maupun di kawasan regional ASEAN,” paparnya.

Penjualan kendaraan bermotor di ASEAN tahun ini, lanjut Saleh, diperkirakan mencapai 3,1 juta unit dan lndonesia mengisi pasar dengan jumlah penjualan mendekati angka 1,3 juta unit.

“Dengan penjualan kendaraan bermotor roda empat yang terus meningkat, telah mendorong investor komponen otomotif untuk terus mengembangkan industri komponen dan pendukungnya,” ujarnya.

Saleh juga berharap produsen komponen meningkatkan tingkat kandungan lokal serta menerapkan teknologi terkini dan mengembangkan sumber daya manusia dengan melakukan riset. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?