Patahkan Mobil Lawan, Lopez Juara di Paul Picard

RAJAMOBIL.COM, Marseille – Pebalap Citroen Jose Maria Lopez mencatat kemenangan kelima musim ini di World Touring Car Championship. Tapi kemenangannya penuh kontroversi.

Balapan itu berlangsung dramatis sejak start, dengan Mehdi Bennani yang start di posisi terdepan mendapat penalti karena mencuri start. Akibatnya, Norbert Michelisz merebut posisi terdepan dari peringkat ketiga, setelah melewati Tiago Monteiro.

Motorsport melansir, Lopez yang mengendarai Citroen C-Elysee WTCC, juga melejit ke peringkat keempat dari kedelapan saat balapan baru berlangsung satu putaran. Dia mengungguli rekan setimnya, Ma Qing Hua dan Sebastien Loeb, sementara Yvan Muller masih tertinggal jauh.

Di putaran keempat, Loeb tersingkir setelah mobilnya menabrak tumpukan ban di tikungan ketiga. Tapi, drama terbesar terjadi saat Lopez melanjutkan persaingan dengan Monteiro yang mengendarai Honda. Memasuki tikungan pertama pada putaran ketujuh, Lopez berusaha masuk dari sisi luar pebalap Honda itu, membuat kedua mobil berbenturan. Roda depan Honda Civic Monteiro patah, mobilnya melintir, membuat perjuangannya terhenti.

Memanfaatkan kejadian, Ma Qing Hua melaju ke posisi kedua. Tapi, dengan berjuang pada empat putaran, Lopez kembali merebut posisi itu dengan masuk dari dalam di tikungan pertama. Lopez kemudian mengungguli Michelisz dengan hampir dua detik lebih awal, membuatnya berhasil membukukan kemenangan ke-15 dalam kariernya.

Tapi, kemenangan Lopez belum bisa disebut resmi. Pasalnya, pihak penyelenggara sedang melakukan investigasi insiden dengan Monteiro itu.

Hasil lengkap
1 .Jose Maria Lopez (Citroen) 24 menit 50,700 detik
2. Norbert Michelisz (Honda) tertinggal 1,449 detik
3. Ma Qing Hua (Citroen) tertinggal 2,156 detik
4. Yvan Muller (Citroen) tertinggal 3,165 detik
5. Gabriele Tarquini (Honda) tertinggal 12,071 detik
6. Hugo Valente (Chevrolet) tertinggal 16,645 detik
7. Tom Coronel (Chevrolet) tertinggal 16,681 detik
8. Tom Chilton (Chevrolet) tertinggal 16.792 detik
9. Mehdi Bennani (Citroen) tertinggal 22,667 detik
10. Rickard Rydell (Honda) tertinggal 24,009 detik.[yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here