Awas, Sistem OnStar Pada Mobil GM Rawan Diretas

RAJAMOBIL.COM, Detroit – Salah satu peretas mengklaim ia memiliki perangkat yang bisa mengendalikan mobil lansiran General Motors yang dilengkapi OnStar.

Samy Kamkar, nama peretas itu, menyebut perangkat miliknya bernama OwnStar, dibuat hanya dengan mengeluarkan dana sekitar US$100. Alat ini bisa membantu peretas untuk mengunci, membuka kunci pintu serta menghidupkan mesin mobil.

Tapi berbeda dengan sistem konektivitas milik Jeep Cherokee, Uconnect, yang bisa diretas dan dikendalikan secara nirkabel dan dari jarak jauh, OwnStar harus diletakkan di kendaraan yang akan diretas. Alat ini juga baru dapat berfungsi jika pengemudi mobil membuka aplikasi OnStar dalam jarak jangkau WiFi dengan alat peretas.

Meski masih harus memanfaatkan ‘bantuan’ pengemudi agar OwnStar bisa berfungsi, tapi setidaknya apa yang ditemukan Kamkar itu dapat menjadi alarm peringatan bagi GM untuk meningkatkan keamanan pada sistem konektivitas kendaraan mereka.

Kabarnya, seperti dilansir Autoguide, GM telah merespons temuan Kamkar tersebut serta menyatakan telah melakukan perbaikan software. Untuk update software OnStar, konsumen dapat melakukannya di diler GM tanpa dipungut biaya. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here