Mesin 1.4 Liter Anyar Volkswagen Bertenaga 150 HP

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Tren mesin modern belakangan mengarah pada mesin berkapasitas kecil berteknologi turbocharger. Sebagai pemain besar, Volkswagen tak ingin ketinggalan.

Raksasa otomotif Jerman itu, yang kini menjelma sebagai pabrikan mobil terbesar dunia, telah mengembangkan mesin kecil baru bernama EA211. Mesin anyar ini berkapasitas 1.4-liter 4 silinder dengan dilengkapi turbocharger. Dengan konstruksi aluminium ringan dan exhaust manifold terintegrasi serta sejumlah teknologi anyar lainnya, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 150 hp dan torsi 184 lb-ft.

Menurut Volkswagen, seperti dilansir LA Times, mesin baru itu juga memiliki respons hebat berkat desain anyar intake manifold, yang mampu mengakomodasi pemakaian kompresor single-scroll berukuran kecil. Tenaga puncak dapat dicapai di 5.000 rpm l, sedangkan torsi maksimum pada putaran rendah, yakni 1.400 rpm.

Mesin 1.4-liter 4 slinder turbo ini akan disandingkan dengan girboks manual lima percepatan atau matik enam percepatan. Sementara tingkat konsumsi bahan bakarnya adalah 16,58 km/liter dengan transmisi matik. Mesin EA211 akan diperkenalkan pertama kali pada jajaran model Jetta, untuk menggantikan mesin lawas berkapasitas 2.0 liter pada model S dan mesin 1.8T TSI pada model Jetta SE. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here