Pemerintah Berencana Batasi Usia Kendaraan

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif, pemerintah kini tengah mengkaji kebijakan untuk membatasi usia kendaraan bermotor.

“Pemerintah tengah mengkaji pembatasan usia kendaraan pribadi untuk meningkatkan pasar domestik kendaraan roda empat,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan, di Jakarta.

Menurut Gusti Putu, saat ini Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perhubungan tengah melakukan kajian terhadap pembatasan usia kendaraan. Dalam perhitungan kami, terlaksananya kebijakan pembatasan usia kendaraan pribadi yang dipatok maksimal 10 tahun, akan memberikan lahan garapan buat industri kendaraan bermotor.

“Kebijakan pembatasan itu, pada tahap awal menyasar kota-kota besar di Indonesia. Dengan membatasi usia kendaraan, produk rendah emisi lebih terjamin,” papar dia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menghitung populasi kendaraan berdasarkan perizinan kepemilikan, tercatat hingga 2013 sebanyak 19,3 juta unit mobil. Tingkat pertumbuhan populasi sejak 2012 sekitar satu juta unit tiap tahun.

Dari data yang sama, mobil berusia lebih dari 10 tahun mencapai jumlah 9,091 juta unit. Sekitar separuh populasi kendaraan beredar terdapat di kawasan Jabodetabek.

Selama ini, untuk mengendalikan populasi kendaraan, pemerintah hanya bertumpu pada sanksi administrasi dari pihak Kepolisian. Untuk kendaraan yang tergolong tua,umumnya tidak diizinkan lagi untuk perpanjangan Surat Tanda Kepemilikan Kendaraan (STNK).

Pengendalian administrasi tidak bertaji manakala secara fisik kendaraan nyatanya masih beredar. Di balik itu, belum terdapat beleid yang dapat memaksa agar kendaraan dengan usia pakai lebih dari sepuluh tahun dilarang kepemilikannya.

Berkaitan dengan kebijakan tersebut, hanya Ibukota DKI Jakarta yang telah menyatakan akan mulai membatasi usia kendaraan pribadi pada 2017. Syaratnya, Pemprov DKI Jakarta harus berupaya lebih dulu menciptakan moda transportasi publik yang terjamin. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here