Begini Wujud Peduli Shell Pada Lingkungan

RAJAMOBIL.COM, Bekasi – Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, PT Shell Indonesia menghadirkan program bernama ‘Bersemi’ (Bersih, Sehat, Mandiri). Program ini selenggarakan Shell di Desa Segaramakmur dan Desa Pantai Makmur yang berlokasi di Tarumajaya, Marunda, Bekasi.

Program yang digelar Shell ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan insiatif komunitas dalam mewujudkan pemukiman yang bersih, sehat, dan ramah lingkungan.

“Program Desa Bersemi ini menjadi bukti komitmen Shell untuk mendukung setiap upaya pengembangan masyarakat di manapun kegiatan operasi kami berada. Kami ingin program yang mendayagunakan potensi dan inisiatif komunitas seperti ini dapat melibatkan partisipasi aktif masyarakat,” terang Manager Shell Indonesia Alex Marpaung di Bekasi, baru-baru ini.

Alex menambahkan, sebagai tahap awal pihaknya menargetkan melatih 100 orang kader penggerak di dua desa. Desa tersebut diharapkan memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam menginisiasi dan mengembangkan Bank Sampah (BAS), Rumah Kompos, Industri Kreatif Berbasis 3R dan Taman Pangan Lestari (TPL).

Para kader tersebut yang nantinya diharapkan dapat membantu penyebaran program ini ke masyarakat yang lebih luas. Shell membuat program secara simultan dengan memadukan pendekatan pemberdayaan (empowerment approach), pengembangan kapasitas (capacity building), dan kewirausahaan sosial (social entrepreunership).

Didukung oleh mitra pelaksananya, Pusdakota, Shell juga memberikan pelatihan terhadap kade-kader masyarakat mengenai penyortiran sampah, composting (membuat pupuk kompas), melakukan cocok tanam dengan sistem urban farming dan penyelenggaraan bak sampah.[Yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here