Toyota Sienta Ramah Bagi Penyandang Disabilitas

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Entah bakal masuk ke Indonesia atau tidak, tapi yang jelas Toyota Sienta juga memiliki varian Welcab, yang dilengkapi sistem untuk menampung kursi roda.

Ada dua tipe yang ditawarkan untuk Sienta berkursi roda, yaitu Type I dan Type II, dengan perbedaan pada konfigurasi penempatan kursi roda, demikian penjelasan Toyota melalui laman resminya.

Toyota Sienta Dijejali Fitur Keselamatan Canggih Toyota Sienta Ramah Bagi Penyandang Disabilitas-1

Jika Toyota tak memasukkan varian Welcab untuk Sienta, bisa saja konsumen di Tanah Air memesan melalui importir umum demi memudahkan anggota keluarga yang menyandang disabilitas, mengalami masalah kesehatan atau lanjut usia.

Berbeda dengan Nissan Serena Welcab versi taksi yang dilengkapi dengan sistem untuk memuat kursi roda, untuk mekanisme keluar masuk kursi roda melalui pintu belakang, sementara Nissan Serena dari pintu samping.

Kemudahan lain yang diberikan Toyota bagi penyandang disabilitas adalah penggunaan roda belakang yang ditopang suspensi udara. Dengan sistem suspensi udara, maka ketinggian mobil dapat diturunkan hingga sudut 9,5 derajat dan kemudian dinaikkan kembali ke posisi normal. Cara ini memudahkan untuk keluar dan masuk kursi roda baik bagi pengguna maupun mereka yang bertugas mendorong kursi roda.

Ketika kursi roda masuk ke kabin mobil, pengaturan tepat duduk hanya dapat menampung empat orang, yaitu dua di kursi depan, satu di kursi roda dan satu lagi di kursi belakang. sementara penjaga dapat duduk di samping kursi roda. Sedangkan jika kursi roda dikeluarkan, maka kapasitas tempat duduk menjadi lima orang.

Untuk varian Sienta Welcab Type I dibanderol 1,95 juta yen (Rp221 jutaan), sementara untuk Type II dihargai 2,3 juta yen (Rp260 jutaan). [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here