Indonesia Pasar ‘Kejam’ Bagi Merek Mobil Asal Amerika

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Kabar mengejutkan datang dari Ford Motor Indonesia (FMI). Brand mobil asal Amerika Serikat tersebut sepertinya tak sanggup lagi melanjutkan bisnisnya di Tanah Air. Kejadian yang serupa ini sebelumnya pernah di alami oleh produsen merek Amerika lainnya, yaitu Chevrolet dengan melakukan penutupan pabriknya di Indonesia.

Pengumuman hengkangnya Ford dari Indonesia tersebut tersiar dari situs resmi mereka. Sepertinya, penjualan yang rendah menjadi faktor Ford menghentikan kegiatannya di Indonesia.

Seperti yang tercatat dari data Gaikindo, Ford hanya mampu menjual 6.103 unit hingga akhir 2015. Angka tersebut turun hingga 47.4% dibanding tahun sebelumnya.

Sepertinya, harga jual mobil Ford dari varian Fiesta dan New Focus di kelas city car, serta Ecosport dan All-New Everest di segmen SUV yang terlalu tinggi menjadi penyebab seretnya penjualan Ford di Tanah Air.

Sebagai informasi, semua mobil Ford saat ini masih didatangkan dari luar negeri. Artinya tidak ada satu pun mobil dari merek ini diproduksi di Indonesia. Oleh sebab itu pembeli terpaksa dikenakan pajak hingga 125%.

“Hari ini kami telah mengumumkan keputusan bisnis yang sulit untuk mundur dari seluruh operasi kami di Indonesia pada paruh kedua tahun ini. Hal ini termasuk menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford,” terang Bagus Susanto, Managing Director Ford Motor Indonesia, dalam situs resmi Ford Indonesia.

Meski menghentikan bisnisnya di Indonesia, Ford tetap memastikan pelayanan bagi penggunanya.

“Kami ingin memastikan bahwa Anda dapat terus mengunjungi dealer Ford untuk semua dukungan layanan penjualan, servis, dan garansi hingga beberapa waktu ke depan tahun ini. Kami berkomitmen untuk menyediakan kesinambungan dukungan pelayanan servis dan garansi setelah kepergian kami dan akan menghubungi Anda lagi sebelum proses pergantian untuk memberitahukan mengenai pengaturan yang baru,” tambah Bagus.[yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here