Wah, Kunci Toyota 86 Bisa Dicabut Saat Melaju

Wah, Kunci Toyota 86 Bisa Dicabut Saat Melaju

RAJAMOBIL.COM, Detroit – Alih-alih memberikan kesan baik sebagai kado perpisahan, merek Scion malah bikin para pemiliknya kesal dan kecewa. Kenapa?

Gara-garanya adalah masalah teknis yang dialami model sport scion FR-S atau yang lebih dikenal sebagai Toyota 86. Akibatnya, model tersebut terpaksa harus di-recall untuk dilakukan pemeriksaan atau perbaikan, demikian seperti dilaporkan Associated Press.

Menurut laporan itu, Scion mengumumkan recall terhadap sekitar 28.000 unit FR-S di wilayah Amerika Utara karena ditengarai pengemudinya bisa mencabut kunci dari rumah kuncinya saat kendaraan melaju.

Program recall itu menyasar FR-S bertransmisi otomatis mulai model tahun 2013 hingga 2016, kata Toyota.

Toyota mengatakan dalam beberapa kasus, sistem mekanis yang ‘memegang’ kunci hingga proses pengapian kemungkinan bermasalah, yaitu tidak terkoneksi dengan baik. Kesalahan itu memicu kunci dapat dicabut meski transmisi tidak dalam keadaan netral, sehingga dapat meningkatkan risiko mobil terguling.

Toyota mengaku belum mendapat laporan mengenai adanya kecelakaan atau jatuh korban akibat masalah tersebut. Dalam proses recall, mekanik akan memeriksa mekanisme kunci, dan jika tidak bekerja dengan baik akan segera diperbaiki.

Peristiwa ini jelas membuat para pemilik Scion kecewa dua kali setelah sebelumnya Toyota mengumumkan untuk mematikan merek yang dikhususkan untuk kalangan muda ini dan digantikan dengan merek Toyota. ‘Suntik mati’ terhadap merek Scion itu dilakukan Toyota menyusul semakin lesunya penjualan merek tersebut di pasar Amerika Utara.

Sementara bagi pemilik Toyota 86 di Tanah Air, peristiwa di AS itu dapat menjadi rujukan untuk memeriksakan mobil ke bengkel resmi sebagai antisipasi jika masalah yang sama menimpa kendaraan mereka.[yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here