Kenapa Penjualan Mobil Januari Cuma Naik Tipis?

Kenapa Penjualan Mobil Januari Cuma Naik Tipis?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Meski menunjukkan perbaikan, namun penjualan mobil secara ritel pada Januari tahun ini hanya mengalami kenaikan tipis.

Lalu apa yang membuat penjualan mobil pada awal tahun ini hanya bergerak naik tipis? Untuk pertanyaan ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) punya jawabannya.

“Kinerja awal tahun ini menunjukkan adanya penerimaan pasar yang lebih baik. Karena dengan adanya geliat penjualan ritel tergambarkan kekuatan daya beli konsumen,” kata Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yongkie D. Sugiarto, di Jakarta.

Terkait penurunan wholesales, menurut Yongkie. merupakan bagian strategi para pelaku industri otomotif mengelola persediaan.

“Artinya, hingga akhir tahun lalu masih terdapat stok yang mangkrak di diler, sedangkan pada Januari ini pengiriman sedikit direm. Itu merupakan antisipasi pasar,” papar dia.

Dengan kondisi demikian, lanjut Yongkie, pelaku industri telah mengantisipasi sejak dini keseimbangan stok dan permintaan pasar.

“Pasar mobil nasional pada tahun ini tidak akan jauh berbeda dengan tahun lalu, sekaligus masih dibekap kelesuan sejak 2014,” ujar Yongkie.

Hingga akhir tahun lalu, tercatat penjualan ritel masih lebih tinggi dibandingkan pengiriman ke diler. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), terdapat defisit pengiriman ke diler sebanyak 18.131 unit.

Sedangkan kinerja penjualan ritel roda empat sepanjang Januari 2016 menyentuh 82.423 unit, naik 1% dibandingkan catatan penjualan periode yang sama tahun lalu sebesar 81.218 unit.[yog].

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here