Prinsipal Otomotif Siap Produksi Mobil Ramah Lingkungan

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Harapan akan munculnya mobil dengan kadar emisi yang rendah atau ramah lingkungan di jalan raya sepertinya bakal segera terwujud.

Pasalnya, pelaku usaha di sektor otomotif nasional siap untuk memproduksi kendaraan dengan emisi yang lebih rendah sebagai tindaklanjut dari peta jalan atau roadmap Low Carbon Emission Programme (LCEP) yang tengah disusun pemerintah.

“Kami tengah mengembangkan studi produksi bio ethanol dari rumput gajah. Inovasi ini dilakukan Toyota Motor yang bekerja sama dengan Pertamina dan RNI, lokasi kebun di Lampung seluas 20 hektare serta dikembangkan di sekitar lokasi pabrik Toyota di Karawang,” kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, di Jakarta, Jumat (19/2).

Menurut Warih, untuk implementasi roadmap LCEP tersebut harus melibatkan masyarakat selaku konsumen.

“Diharapkan, produk ramah lingkungan yang dihasilkan tetap diminati oleh pasar sehingga mampu menggenjot produksi,” papar dia.

Program LCEP merupakan kelanjutan dari Low Cost Green Car (LCGC). Namun berbeda dengan produk hybrid, penjualan segmen LCGC sejauh ini masih terjaga.

Saat ini Toyota telah memiliki produk-produk hybrid dengan emisi rendah, antara lain Prius, Alphard Hybrid, dan Camry Hybrid. Namun penjualan produk ini masih minim lantaran harga jual yang terlampau tinggi.[yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here