Penjualan Disalip, Daihatsu Akui Honda Brilian

Penjualan Disalip, Daihatsu Akui Honda Brilian

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Dinamika pasar otomotif nasional sepertinya memang sukar diprediksi. Persaingan sengit di antara para produsen otomotif besar dan munculnya pemain-pemain baru di Indonesia membuat pangsa pasar menjadi mengecil dan terbagi-bagi.

Daihatsu misalnya, yang pada tiga tahun belakangan ini selalu menempati posisi kedua penjualan mobil nasional, namun kini harus rela disalip oleh Honda untuk penjualan wholesales di Januari 2016.

Berdasarkan data wholesales Gaikindo, Honda mampu menggeser dominasi Daihatsu diranah pasar mobil di Tanah Air. Melihat hal tersebut, Daihatsu pun tak sungkan-sungkan mengakui strategi yang dilakukan Honda memang cukup luar biasa.

“Honda brilian karena ada produk baru yang menambah perfoma penjualannya. Kami mengakui itu dengan jujur. Honda luar biasa berdasarkan kenyataannya,” ucapnya Amelia Tjandra di Sunter, Jakarta, Kamis (18/2).

Namun lebih lanjut Amelia juga menyatakan secara data retail, penjualan Daihatsu masih tetap berada di atas Honda.

“Secara retail Daihatsu mampu menjual produknya sebanyak 14.505 unit sepanjang Januari 2016 lalu.  Sedangkan Honda, hanya mampu melepas sekitar 13.500 unit,” terangnya.

Melihat pergesekkan pasar yang kini terjadi, Amelia mengungkapkan bahwa konsumen Honda dan Daihatsu jelas berbeda.

“Sebelumnya kita sudah melakukan survei bahwa yang beli produk Honda itu bukan konsumen Daihatsu dan yang beli mobil Daihatsu itu bukan pembeli Honda. Jadi memang target konsumen kita berbeda,” ucap Amelia.

Sebagai informasi, wholesales yang di maksud ialah data pengiriman mobil dari pabrik ke diler. Sementara ritel adalah penjualan yang dilakukan diler kepada konsumen.[yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here