Termasuk Tipe Pembeli Mobil yang Manakah Anda?

Termasuk Tipe Pembeli Mobil yang Manakah Anda?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Setiap orang pasti punya pertimbangan masing-masing dalam hal membeli mobil. Bicara soal yang satu ini, ada beberapa tipe atau karakter unik dari konsumen saat melakukan pembelian kendaraan.

Menurut Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, setidaknya ada empat  karakter konsumen saat akan membeli mobil. Apa saja?

“Kalau kita bicara konsumen di otomotif itu ada dua sumbu. Sumbu pertama pengambil keputusan dan sumbu lainnya referensi. Dan untuk ambil keputusan itu juga ada dua, yang mengambil keputusan sendiri dan yang ambil keputusan dari rekomendasi orang. Sementara kalau dari karakternya sendiri ada 4 tipe,” terang Amelia di Jakarta, Kamis (18/2).

Karakter pertama ialah tipe ekspresionis. “ekspresionis ialah orang yang mengambil keputusan sendiri. Dia tidak mau melihat atau dengar masukan dari orang lain,” terang amelia.

Amelia menuturkan karakter ekspresionis ini cenderung memiliki tingkat ekonomi yang lebih baik. Bahkan, pemerintah pun memiliki karakter ekspresionis.

Karakter kedua adalah tipe analis. Tipe orang analis ini cenderung mengambil keputusan dengan cara mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan informasi. “Biasanya orang analis melakukan hal seperti membaca produk, survei produk, survei harga hingga mencari seluk beluk jaringan diler serta purna jual sebelum membeli kendaraan,” ujar Amelia.

Karakter ketiga, yaitu tipe realistis. Pada tipe ini biasanya adalah konsumen yang ingin membeli mobil namun dengan dana yang terbatas. “Misalkan, konsumen tersebut memiliki uang Rp100 juta, sehingga dia hanya fokus mencari mobil yang sesuai dana,” katanya. (baca; Cari Mobil Harga Rp100 Jutaan? Ini Dia Daftar Pilihannya).

Karakter keempat ialah tipe followers. Artinya, orang yang memiliki karakter ini merupakan konsumen yang membeli kendaraan, karena model tersebut banyak beredar di pasaran.

Sementara kata Amelia Tjandra, untuk pembeli merek Daihatsu kebanyakan punya karakter analis. Dan memiliki konsumen seperti ini tidak membuat pihaknya senang.

“Daihatsu paling banyak konsumennya itu analis, ini juga yang bikin kita seneng dan juga sedih. Kenapa? Konsumen sudah belanja keliling dan analisa, baru mereka beli best value dan best aftes sales dan baru beli mobil kita. Sedihnya, orang-orangnya ini punya demainding dan punya tuntutan yang lebih dari produk kita,” pungkas Amelia.

Nah, Bagaimana dengan Anda, termasuk tipe yang manakah dalam urusan membeli mobil?.[yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here