Daihatsu Lihat Persaingan SUV Medium Kian Seru

Daihatsu Lihat Persaingan SUV Medium Kian Seru

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Pertumbuhan pasar otomotif Indonesia, selain ditopang oleh kendaraan niaga dan mobil murah, SUV juga memiliki peran penting dalam mendongkrak penjualan.

Direktur Marketing, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, menyatakan kompetisi di segmen medium Sporty Utility Vehicle (SUV) bakal seru karena Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis angka penjualan hampir sama tahun lalu dan hanya beberapa segmen yang tumbuh.

“Segmen lainnya yang tumbuh tahun lalu hanya segmen pick-up dan LCGC, selebihnya termasuk MPV turun,” katanya di Jakarta.

Penjualan retail Daihatsu, menurut Amelia, pada Januari 2016 tercatat 14.505 unit atau dengan pangsa pasar 17,5% berada di posisi kedua setelah Toyota dan sedikit unggul dibanding Honda yang berada di posisi ketiga dengan penjualan 13.288 unit atau dengan pangsa pasar 17,1%.

“Jika mengacu data whole sales atau produksi, Daihatsu kalah dari Honda. Daihatsu tercatat hanya 13.184 unit atau market share 15,5%, sedangkan Honda menyeruduk ke posisi kedua dengan angka 19.431 unit atau market share 22,9%. Produksi kami lebih rendah dari penjualan, sehingga beberapa dealer sudah teriak-teriak kehabisan stok untuk type LCGC,” papar dia.

Sedangkan Ketua Umum Gaikindo, Sudirman M.R., mengatakan prospek pasar otomotif tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu, sehingga pihaknya menargetkan penjualan mobil tahun ini mencapai 1.050.000 unit atau naik tipis dibanding realisasi tahun lalu sebesar 1.013.291 unit.

“Optimisme memasang target itu karena pasar otomotif mulai rebound seiring dengan perekonomian yang mulai pulih serta ditopang beberapa paket kebijakan ekonomi pemerintah yang lebih menggairahkan investasi di sektor riil,” ujar Sudirman.[yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here