Kenapa Paris Auto Show Dicueki Mazda, Ford, Volvo?

Kenapa Paris Auto Show Dicueki Mazda, Ford, Volvo?

RAJAMOBIL.COM, Paris – Paris Auto Show yang akan dihelat akhir tahun ini adalah salah satu pameran otomotif besar di Eropa. Tapi kenapa banyak yang enggan berpartisipasi?

Salah satu pabrikan mobil yang sudah lebih dulu menyatakan tidak akan tampil di Paris Auto Show pada Oktober mendatang adalah Mazda. Menurut laporan Automotive News Europe, Mazda bukan satu-satunya merek yang tidak akan ambil bagian dalam ajang pameran otomotif tersebut, karena ada beberapa merek lain yang melakukan hal yang sama.

Sebelumnya, CEO Mazda Europe Jeff Guyton mengatakan bahwa pihaknya masih terus membahas kemungkinan tidak tampil di ajang Paris Auto Show. Namun ia menyiratkan bahwa Mazda akan melewatkan kesempatan unjuk produk di ajang tersebut, meski diakui bahwa Paris Auto Show adalah salah satu pameran otomotif terbesar di Benua Biru.

Guyton mengakui bahwa untuk tampil di Paris, diperlukan persiapan yang lebih matang, terutama untuk produk-produk yang akan diperkenalkan. Pasalnya, di Paris, jagoan tuan rumah pasti akan tampil habis-habisan untuk memamerkan sejumlah produk anyar mereka, terutama dari dua jagoan lokal, Renault dan PSA/Peugeot Citroen.

Sementara itu, Ford juga memutuskan untuk tak terjun di Paris Auto Show tahun ini karena akan lebih fokus pada gelaran pameran teknologi, semacam Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol. Tak hanya itu, Volvo juga menyatakan batal pameran di Paris karena merek Swedia ini lebih membatasi hanya tampil di satu ajang pameran di satu kawasan. Selain itu, Volvo juga bakal lebih fokus pada sistem penjualan langsung ke konsumen, bukan melalui ajang pameran.

Tapi bukan hanya Paris yang mulai ‘dijauhi’ para pabrikan mobil, karena beberapa merek juga sudah tak tampil di Detroit tahun ini, seperti Mini, Tesla, dan Jaguar.

Sambil menunggu kepastian apakah Mazda benar-benar melupakan Paris, pabrikan mobil asal Negeri Sakura ini sudah memastikan akan memajang Mazda3 bermesin diesel 1.5-liter di Geneva. Kemudian, ada mobil sport RX-Vision, yang pernah debut di Tokyo Motor Show, yang juga akan ditampilkan di Geneva.[yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here