Penjualan Mobil Februari Diprediksi Naik Tipis

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Peningkatan penjualan mobil pada Februari dibandingkan Januari dinilai sebagai pola yang biasa, karena pada dasarnya pasar saat ini belum bangkit sepenuhnya.

Pelaku industri otomotif memperkirakan penjualan roda empat pada Februari tahun ini berada pada kisaran 87.000 unit, naik tipis bila dibandingkan dengan Januari yang sebesar 84.885 unit.

“Kenaikan itu merupakan tren musiman karena penjualan roda empat pada Januari setiap tahun biasanya selalu lebih rendah dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Saat awal tahun, Agen Pemegang Merek (APM) masih mempunyai stok,” kata General Manager Marketing Strategy and Public Relations PT Nissan Motor Indonesia, Budi Nur Mukmin, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sedangkan Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yongkie D. Sugiarto, menilai meskipun penjualan Februari diperkirakan akan meningkat dibandingkan dengan Januari, daya beli yang belum juga membaik masih akan menjadi ganjalan terbesar pada tahun ini.

“Apalagi, sejauh ini pemerintah belum seluruhnya mencairkan anggaran pembangunan infrastruktur, padahal upaya tersebut diperkirakan akan mengerek kinerja perekonomian masyarakat,” papar dia.

Dengan dana infrastruktur, lanjut Yongkie, pasar otomotif akan mendapat imbasnya karena mobilitas maupun pendapatan masyarakat bisa meningkat.

“Kami khawatir rencana pemangkasan belanja pemerintah. Sinyal tersebut akan memberikan efek negatif terhadap pasar otomotif jika pemotongan belanja menjalar ke proyek-proyek infrastruktur,” ujar Yongkie.

Menurut data Gaikindo, penjualan diler pada Februari 2016 turun tipis bila dibandingkan dengan pencapaian periode yang sama tahun lalu sebanyak 88.740 unit.

Akibatnya, secara akumulatif pencapaian Januari hingga Februari 2016 lebih rendah dibandingkan dengan dua bulan pertama tahun lalu yang mencapai 180.000 unit.[yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here