Pabrik Baru, Toyota Terus Tingkatkan Komponen Lokal Hingga 80%

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Guna mewujudkan industri otomotif nasional yang mandiri, Toyota Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan komponen lokal pada produk buatannya. Seperti pada mesin R-NR yang kini diproduksi Toyota di pabrik mesin baru di Karawang, Jawa Barat.

Mesin dengan kode RNR 1,3L dan 1,5L yang diproduksi Toyota ini, memiliki tingkat kandungan lokal hingga 80%. Dalam proses pembuatannya Toyota melibatkan 12 pemasok lokal baru tingkat pertama sehingga total pemasok tingkat pertama menjadi 135 perusahaan dari sebelumnya yang berjumlah 123 perusahaan.

“Kami terus berkerja sama erat dengan para pemasok lokal termasuk yang baru, untuk meningkatkan kandungan pada produk mesin maupun kendaraan Toyota Indonesia,” terang Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT. TMMIN, di Karawang.

Warih menambahkan, sebelumnya Toyota telah mewujudkannya pada generasi baru Kijang Innova di mana kandungan lokalnya meningkat menjadi 85%. Tak hanya itu, All New Fortuner yang baru diperkenalkan awal tahun 2016 juga mempunyai kandungan lokal yang mencapai 75%.

“Kami akan terus melanjutkan upaya meningkatkan tingkat kandungan lokal dengan berfokus pada lokalisasi industri hulu,” Pungkas Warih. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here